my blog

facebook

Selasa, 01 Maret 2011

Suara Alam Dapat Mencerdaskan Anak

Suara Alam Dapat Mencerdaskan Anak, Lho...

Para ahli psikologi mendorong para ibu untuk mendengarkan suara-suara alam bagi anak-anak mereka seperti kicauan burung, desiran angin pada dedaunan di pohon dan lain-lain. Dan menunjukkan bahwa suara-suara ini memainkan peran yang lebih penting dalam memori anak daripada peran musik. Hal ini juga membantu memfokuskan anak ketika memasuki usia sekolah.
Dan menunjukkan bahwa suara-suara ini memainkan peran yang lebih penting dalam memori anak daripada peran musik. Hal ini juga membantu memfokuskan anak ketika memasuki usia sekolah

Salah satu Tips yang saya gunakan dalam penelitian ini :
-Sejak bayi anda berusia 3 bulan, cobalah anda menarik perhatiannya dengan  mendengarkan suara-suara alam dengan cara membuka sedikit jendela rumah sehingga dapat terdengar suara desiran angin dan kicauan burung dari luar.
-Cobalah membiarkannya diam selama seperempat jam atau lebih, dan jangan menyibukkannya dengan percakapan selalu, atau mengajaknya bermain, karena secara otomatis sang bayi akan mendengarkan suara-suara alam yang telah diterima.
-Dianjurkan untuk mendengarkannya suara alam yang benar-benar alami, dan bukan rekaman dari cd ataupun kaset.
-Ketika bayi anda mencapai usia 6 bulan, mulailah mengajaknya untuk berjalan-jalan, pastikan bahwa anda memberikan dia kesempatan untuk mencermati alam sekitar dan mendengarkan suara-suara.
-Penelitian membuktikan bahwa diam (tidak lama) pada anak, menjelaskan bahwa ia tahu arti waktu dan pentingnya masa depan.
-Ketika anak anda mulai berbicara dan mempelajari kata-kata baru, cobalah untuk mengajarkannya suara-suara. Seperti suara kicauan burung, suara ayam berkokok, suara tetesan air, dan lain-lain.  Maka secara bertahap anda akan menemukan bahwa anak anda mencintai alam, tenang, focus serta cinta pengetahuan.
Pengalaman pribadi saya :
Kami memperhatikan anak saya yang sangat suka duduk ditaman rumah dalam waktu yang lama, sambil memperhatikan burung-burung yang terbang dari pohon ke pohon, dan selalu meminta saya untuk menirukan suara kicauan burung yang ia dengar. Sekedar informasi, saya juga ikut duduk bersamanya dihalaman rumah semasa ia kecil dalam setiap kesempatan.
Sumber : www.lakii.com

Entri Populer